Kenal Elemen Pembangkit Listrik Tenaga Angin Berupa Kincir Angin


Semenjak sekolah fundamen kita banyak di ajarkan pada pelajaran IPA mengenai beberapa tipe pembangkit listrik, diantaranya pembangkit listrik tenaga angin. Tipe pembangkit listrik ini jelas manfaatkan daya alam berbentuk hembusan angin yang diamankan dengan alat selanjutnya dirubah jadi daya listrik. Pembangkit listrik tenaga angin ini pasti punya elemen yang berungsi mengubah daya kinetik angin jadi listrik. Apapun elemen pembangkit listrik tenaga angin, akan diulas dalam artikel ini.

Sisi Standard Pada Kincir Angin Pembangkit Listrik

Pada umumnya, pembangkit listrik tenaga angin yang biasa kita tahu ialah kincir angin. Ini ialah tipe perangkat yang paling efektif tangkap pergerakan angin memakai baling-balingnya, selanjutnya baling-baling akan memutar turbin pada bagian bawah. Turbin itu akan membuahkan arus listrik. Tentunya untuk penuhi keperluan daya listrik bukan sekedar cukup 1 atau 2 buah saja. Pembangkit listrik tenaga angin dipasang dalam jumlahnya banyak di wilayah yang hembusan anginnya kuat seperti daerah pesisir. Mengenai elemen pembangkit listrik tenaga angin diantaranya:

Baling-baling atau yang biasa disebutkan blade

Blade berikut yang bermanfaat “memanen” angin. Dengan automatis memiliki bentuk yang lurus serta sedikit menukik pada bagian horizontalnya membuat berputar-putar bila terserang hembusan angin. Ada banyak tipe blade, ada yang pada sebuah bangun berisi 3 blade, 4, atau 5.

Turbin, generator serta dinamo

Ke-3 elemen ini ialah elemen yang mengubah putaran blade jadi daya listrik. Blade akan disambungkan dengan turbin. Saat turbin berputar-putar, generator langsung mengubahnya jadi nilai tegangan (V). Tegangan berikut yang dikatakan sebagai daya listrik.

Ekor atau fin

Fin serta ekor ialah sisi dari kincir angin pembangkit listrik yang berperan mengendalikan arah blade sesuai arah datangnya angin. Bila di hari Senin angin berdesir dari arah timur, fin akan ditempatkan ke timur. Tetapi di hari Selasa, angin berdesir dari arah tenggara, fin akan ditempatkan ke tenggara. Jadi pada intinya, kincir angin ialah bangunan yang flexible serta bukan bentuk masih kaku.

Controller

Elemen ini ialah elemen yang berperan mengubah arus listrik dua arah jadi searah. Controller mengendalikan arus serta tegangan yang datang dari generator serta menstabilkannya sebelum selanjutnya disimpan dalam baterei.

Baterei

Baterei adalah elemen pembangkit listrik tenaga angin yang berperan simpan daya yang dibuat dari rotasi turbin yang dirubah lewat generator. Setelah itu arus yang disimpan langsung bisa digunakan atau disimpan untuk keperluan menekan.

Ya, itu elemen pembangkit listrik tenaga angin standard yang biasa dipakai pada kincir angin. Dalam beberapa waktu ke depan peluang akan ada tipe pembangkit listrik tenaga angin yang manfaatkan daya kinetik angin tetapi tidak berbentuk kincir angin.

08.22 - tanpa komentar