Langkah Membuat Generator Pembangkit Listrik Simpel Dengan Medan Magnet


Dalam satu pembangkit listrik bertenaga angin atau air, ada satu generator. Alternator atau generator ini ialah alat yang dapat mengubah daya mekanik sampai jadi tenaga listrik. Saat akan membuat sumber daya pilihan, kita sebetulnya dapat beli generator bikinan pabrik. Tapi bila ingin lakukan penghematan budget, karena itu langkah membuat generator pembangkit listrik simpel di bawah ini dapat dicoba. Generator yang dibikin akan manfaatkan style magnet untuk menghidupkan tegangan listrik. Beberapa langkah membuatnya bisa dikerjakan sebagai berikut ini :

Membuat kumparan

Untuk bikin generator listrik tenaga magnet, diperlukan kumparan yang tersusun dari kawat e-mail memiliki bahan tembaga. Bikinlah kumparan itu dengan menggulung kawat yang punya diameter 1 sampai 1,4 mm. Jumlahnya lilitannya sekitar 60 sampai 70 buah lilitan. Di sini kita memerlukan 9 kumparan yang terdiri dari 3 barisan atau fasa. Hingga semasing fasa akan berisi 3 kumparan. Sebab jumlahnya fasa-nya 3, karena itu generator ini disebutkan 3 fasa.

Menempatkan kumparan

Sesudah kumparan-kumparan usai dibikin, karena itu langkah setelah itu dalam langkah membuat generator pembangkit listrik simpel ialah membenahi serta menempatkan kumparan. Untuk pemasangan, semasing kumparan dalam barisan harus dikaitkan dengan seri, serta semasing barisan akan disambungkan dengan mode star (Y). Susun kumparan-kumparan itu dalam lingkaran yang diameternya 10 inci. Selanjutnya cor memakai resin dan fiberglass sampai kumparan jadi padat, keras serta tahan pada bentrokan atau gesekan.

Membuat plat magnet

Setelah itu kita akan membuat plat magnet. Plat ini dibuat dari besi yang bundar dengan diameter 10 inci serta ketebalan 3-5 mm. Setelah itu sediakan magnet neodyum atau magnet keramik sekitar 8 buah. Magnet neodyum adalah magnet yang kuat serta terbaik dipakai dalam langkah membuat generator listrik mini. Susun magnet-magnet itu pada plat besi yang telah disediakan, dengan arah kutub yang sama. Jumlahnya plat magnet yang diperlukan sekitar 2 buah.

Membuat generator

Langkah paling akhir ialah membuat generator. Dalam pengaturan ini kita memerlukan satu kerangka yang berbentuk tabung silinder. Dalam kerangka akan diatur lempeng kumparan yang ditempatkan antara dua buah plat magnet. Pakai kutub atau as besi untuk menggenggam ke-2 plat magnet yang selalu berputar-putar. Sedang Lempeng kumparan akan diam ketahan oleh tabung kerangka. Kumparan atau plat magnet akan diatur bersisihan tapi tidak sama-sama bersentuhan.

Sesudah lempeng kumparan serta plat magnet tersusun, karena itu generator telah dapat mengubah daya gerak dari turbin jadi daya listrik. Tapi listrik yang dibuat ialah arus AC. Bila langkah membuat generator pembangkit listrik simpel akan dipakai untuk isi daya pada baterei, karena itu arus itu harus dirubah jadi arus DC terlebih dulu. Dioda jembatan atau bridge rectifier jadi elemen yang diperlukan dalam pergantian arus listrik itu.

08.18 - tanpa komentar